//
> Sekapur Sirih <

Sekapur Sirih

Berbagai kebutuhan manusia terhadap ilmu pengetahuan tiada batas dan tiada henti. banyak lahir para pemikir atau penemu melakukan penelitian. Sehingga hasilnya mempermudah akses informasi terhadap ilmu pengetahuan itu. Salah satu bentuk karya yang dihasilkan adanya media. Terutama media cyber segala informasi dapat dijangkau dengan mudah.

Memang untuk menjangaku hal tersebut tentunya perlu ilmu. Baik itu melalui pendidikan formal maupun pendikan non formal.

Demikian sedikit pengantar dari penulis. Adapun ide awal dibuatnya blog kamusfiqih.wordpress.com adalah sebagai berikut.

Berawal dari diskusi mata perkuliahan materi PAI (semester 4). Dosen bersangkutan sering menanyakan / melontarkan kepada saya (mahasiswa) pertanyaan-pertanyaan sepele (seputar pengertian). Dalam hal ini materi tersebut terkaitan dengan pembelajaran fiqih. Kebetulan pendidikan yang saya ambil adalah menjadi guru PAI. Tanggapan dari saya (mahasiswa)  terhadap pertanyaan itu, mayoritas mahasiswa tidak mampu menjawabnya.

Singkatnya, lahirlah ide saya itu untuk membuat sesuatu yang mempermudah untuk mengetahui seputar konsep (pengertian etimologi/terminologi) pembelajaran fiqih. sayang, ide tersebut sempat usang alias terkubur beberapa semester. Akhirnya ide tersebut nempel kembali pada semester tujuh, yang pada saat itu ada mata kuliah pembelajaran. Hal itu memperkuat ide saya. Ide awal saya saat itu adalah dengan membuat buku yang berkaitan dengan pembelajaran fiqih.

Berhubung padatnya schedule saya sebagai mahasiswa, kalau di kampus di samping menjadi seorang akademis dan juga belajar mau menjadi aktivis.he…..sehingga ide itu tertunda lagi sampai semester 8.

AKSI NYATA

Sepulang KKL di Kapuas hulu pada pertengahan juli. Kemudian melanjutkan perkuliahan yang sempat ditunda oleh jurusan. Ramadhan 1432 H yang bertepatan bulan agustus 2011 merupakan momen terindah bagi saya sebab pada bulan itu saya mengajukan judul skripsi dan Alhamdulillah diterima. Pendek cerita, Satu hari menjelang idul fitri 1432 H (kalau keputusan muhammadiyah) saya pulang kampung, berlebaran bersama keluarga, he……

Akhirnya, pada Syawal 1432 H tepat hari ke saya memutuskan untuk menindak lanjuti ide saya beberapa bulan lalu (bahkan tahun) untuk membuat blog terkait dengan pembelajaran fiqih seputar konsep (pengertian menurut bahasa maupun istilah) dengan nama kamusfiqih.wordpress.com tepatnya tanggal 6 september 2011  resmi saya buat dan dengan alamat email: kamusfiqih.wordpress.com.

insyaAllah setelah melengkapi blog ini saya akan membuat buku tentang kamus fiqih dan dapat menyelesaikan skirpsi tahun ini, amin….. MOHON DOANYA….

Steoes Assakkurae

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: